Perbedaan Premium, Pertamax dan Pertamax Plus

Perbandingan angka oktan antara Premium, Pertamax dan Pertamax Plus:
  • Pertamax Plus (Oktan= 95) Kompresi= 10:1 – 11:1,
  • Pertamax (Oktan= 92) Kompresi= 9:1 – 10:1,
  • Premium (Oktan= 82) Kompresi= 7:1 – 9:1

Ciri fisik yang membedakan antara Premium, Pertamax dan Pertamax Plus:

  • Premium warna Kuning,
  • Pertamax warna Biru,
  • PertamaxPlus warna Merah

Tips untuk memilih BBM yang tepat untuk kendaraan kita adalah penggunaan angka oktan yang harus disesuaikan dengan tekanan kompresi kendaraan kita. Semakin tinggi kompresinya maka sebaiknya menggunakan BBM berangka oktan tinggi. Jadi, untuk kendaraan berkompresi dibawah 9:1 masih dapat menggunakan premium namun untuk kendaraan dengan kompresi 9,1:1 sampai 10:1 sebaiknya menggunakan pertamax atau sejenisnya dan kendaraan dengan kompresi 10,1 keatas sebaiknya menggunakan pertamax plus atau sejenisnya.

Kendaraan dengan spesifikasi bahan bakar Pertamax jika menggunakan Premium, maka performa mesin dan umur pakai mesin menurun.

Kendaraan dengan spesifikasi bahan bakar Premium jika menggunakan Pertamax, maka tidak berpengaruh besar pada performa mesin dan suhu mesin lebih panas.

Penggunaan kadar oktan yang tidak sesuai maka dapat menyebabkan piston menjadi bolong. Contohnya jika mobil keluaran tahun 2000 menggunakan oktan 88.

Perbedaan lainnya ada pada bau Pertamax yang lebih tajam lantaran menggunakan trik aromatic. Enggak hanya itu Pertamax juga lebih cepat menguap dibanding premium. Jika disulut api Pertamax akan lebih cepat menyambar ketimbang premium. Tapi jika dalam ruang bakar, Premium justru lebih mudah meledak (autoignition) dibanding Pertamax.

Penggunaan jenis bahan bakar apa pun harus disesuaikan dengan kebutuhan mesin agar didapat hasil yang optimal, efektif dan efesien.


Source : http://perbedaan.com/perbedaan-premium-pertamax-dan-pertamax-plus/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...