3 Hal Penting Saat Membeli Air Conditioner



Jakarta - Bagi beberapa orang, pemakaian air conditioner (AC) dianggap kurang penting. Tapi sebagian lagi menilai AC adalah salah satu komponen penting agar suasana rumah lebih nyaman.

Terlepas dari penting/tidaknya, AC memang bisa memberikan kenyamanan dan kesegaran terutama saat cuaca panas. Bila menurut Anda pemakaian AC cukup penting, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan membeli AC baru, seperti dilansir oleh Helium.
1. Pilih Tipe AC Sesuai Kebutuhan
Banyak orang yang membeli AC tanpa memerhatikan dulu, tipe seperti apa yang benar-benar diperlukan. Pemilihan AC sebaiknya disesuaikan dengan kondisi rumah atau ruangan. Sedikitnya, ada tiga tipe AC yang paling umum, dibedakan dari fungsi dan efektivitasnya. Pilihlah yang sesuai dengan keadaan rumah Anda.

Window units adalah AC pada jendela yang dipasang melalui lubang pada dinding. Rumah besar atau gedung biasanya menggunakan AC jenis ini karena penyebaran suhu dinginnya lebih dingin dan merata.

Wall units, sesuai namanya, AC tipe ini dipasang menempel pada dinding. Cocok untuk ruangan besar di rumah seperti ruang tamu, ruang keluarga atau kamar utama.

Portable units, adalah AC yang tidak dipasang pada dinding atau jendela sehingga bisa dipindah-pindahkan dari ruangan satu ke yang lain. Meskipun cukup praktis, udara dinginnya biasanya tidak terlalu terasa bila ditempatkan di ruang besar dan banyak orang. AC tipe ini lebih cocok ditaruh di kamar, atau untuk rumah berukuran kecil.

2. Faktor Eksternal
Kapasitas pendinginan AC sangat dipengaruhi beberapa faktor. Di antaranya ukuran kamar, jumlah jendela; pintu, jumlah anggota keluarga, peralatan dan konsumsi energi di dalam rumah. Semakin banyak orang, maka diperlukan AC dengan daya lebih besar.

3. Besar Listrik yang Dibutuhkan
Anda harus menyesuaikan daya listrik dalam rumah dengan arus listrik yang dialirkan AC. Pikirkan berapa besar biaya listrik yang harus dibayar dengan pemakaian AC. Jika sekiranya tagihan listrik bisa membengkak karena AC, sebaiknya pikir dua kali untuk menggunakannya.

AC yang hemat energi mungkin harganya akan lebih mahal dibandingkan AC biasa, tapi pikirkanlah manfaat jangka panjang. Tagihan listrik Anda akan jauh lebih murah per harinya, sehingga cocok bagi yang ingin berhemat.

Source : http://www.wolipop.com/read/2011/06/02/154703/1652433/858/3-hal-penting-saat-membeli-air-conditioner
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...