Melepas dan memasang kepala Aki (Accu)



Melepas dan memasang kepala aki pada kutub Aki

Ada saatnya bila anda bermaksud memperbaiki sistem elktrikal mobil anda harus melepas kabel aki dari terminal/kutub aki. Caranya, kendorkan baud pengikat pada kepala aki, goncangkan sehingga kepala aki terlepas. Mulailah dengan kutub NEGATIF terlebih dahulu. Setelah terlepas, jauhkan kepala aki dari kutubnya agar tidak terjadi lompatan listrik, bila perlu cari lokasi aman dan ikatkan dengan seutas tali untuk sementara waktu pastikan juga tersedia cukup "ruang" buat anda bekerja. Selanjutnya anda boleh melepas kutub positif nya.

Mengapa harus kutub negatif lebih dahulu? Bila anda melepas kutub positif terlebih dahulu, kutub positif tetap terpasang pada aki , lalu pada saat anda bekerja anda menjatuhkan alat, benda , atau bahan logam tepat diatas kutub positif, maka keseluruhan sistem listrik pada mobil anda akan terjadi hubungan pendek. Dengan melepas kutub negatif dahulu anda sudah memutuskan arus balik dari keseluruhan sistem, bila sesuatu terjatuh pada kutub positf maka tidak akan terjadi hubungan pendek.




Memasang kembali Kepala aki
Lakukan urutan prosedur diatas secara kebalikannya, yaitu pasangkan dulu kepala aki ke terminal/kutub positif, disusul dengan terminal negatif untuk alasan sama yang telah diuraikan diatas.Perhatikan pada saat anda memasang kepala aki pada terminal negatif, akan ada sedikit percikan api, tidak perlu khawatir dengan hal ini, lakukan saja dengan mantap dan kencangkan kembali mur/baud pengikat di masing masing kutub.



Selalu periksa kebersihan terminal aki
Kebanyakan jenis mobil modern menggunakan aki bervoltase 12 Volt dengan sistem negatif ground. Bila terminal aki anda kotor, tidak terkoneksi dengan baik maka akan mnghambat aliran arus listrik dari aki kmenuju ke keseluruhan sistem elektrikal.


Bersihkan secara rutin dengan sikat kawat atau kertas pasit dan pastikan ikatan yang kokoh serta koneksi yang mantap pada terminal aki. Jangan lupa bersihkan bodi aki (basah) agar anda mudah melihat secara visual posisi level elektrolit didalam aki. Bila kurang , lakukan penambahan air aki biru sampai pada level yang di perkenankan ( antara garis level minimum dan maximum ). pastikan tidak ada tidak tersisa tetesan elektrolit diluar battery anda. Hematlah listrik, gunakan battery dengan bijaksana dengan tidak memasang perangkat elektronik tambahan yang yang berlebihan.

Source : http://akimobil.com/tips/48-melepas-kepala-aki
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...