Tidak terasa
bulan suci Ramadhan tinggal beberapa hari lagi akan berakhir, dan sudah menjadi
sebuah tradisi di Indonesia, ketika menjelang Hari Raya Idul Fitri banyak masyarakat Indonesia yang melakukan mudik atau pulang ke kampung halaman
untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri
bersama keluarga dan kerabat yang telah lama tidak berjumpa. Mereka rela
berdesak – desakkan di bis, kereta atau kapal dan alat transportasi umum
lainnya demi bertemu dengan sanak keluarga di kampung halaman.
Seiring
dengan perkembangan jaman, banyak masyarakat yang mulai menggunakan kendaraan
pribadi seperti mobil dan motor sebagai alat transportasi mudik
dengan alasan lebih praktis, lebih murah dan menghindari berdesak – desakkan.
Mudik menggunakan sepeda motor memang bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan, tapi
bila tidak disiapkan dengan baik maka mudik
dengan menggunakan sepeda motor bisa
juga menjadi malapetaka, berikut kiat-kiat yang bisa dilakukan pemudik yang
akan menggunakan sepeda motor.
1.
Siapkan Mental Anda
Bisa jadi menggunakan sepeda motor adalah alternative terakhir anda untuk mudik, jika memang demikian, buat senang perasaan anda, hilangkan beban, perasaan was-was, kekhawatiran yang berlebihan, bangun perasaan didalam jiwa bahwa mudik dengan sepeda motor itu kegiatan yang menyenangkan.
Bisa jadi menggunakan sepeda motor adalah alternative terakhir anda untuk mudik, jika memang demikian, buat senang perasaan anda, hilangkan beban, perasaan was-was, kekhawatiran yang berlebihan, bangun perasaan didalam jiwa bahwa mudik dengan sepeda motor itu kegiatan yang menyenangkan.
2.
Siapkan Pengetahuan anda
Perluas pengetahuan anda tentang rencana mudik yang akan dilaksanakan, meliputi kondisi rute, kondisi sepeda motor dan informasi lainnya yang berkaitan dengan mudik.
Perluas pengetahuan anda tentang rencana mudik yang akan dilaksanakan, meliputi kondisi rute, kondisi sepeda motor dan informasi lainnya yang berkaitan dengan mudik.
3.
Siapkan Fisik Anda
Istirahat yang cukup sebelum anda pergi, hindari minum obat-obatan yang membuat anda ngantuk dan lemah. Agar memiliki waktu istirahat yang cukup sebelum pergi, lakukan persiapan mudik secara bertahap, dan terencana.
Istirahat yang cukup sebelum anda pergi, hindari minum obat-obatan yang membuat anda ngantuk dan lemah. Agar memiliki waktu istirahat yang cukup sebelum pergi, lakukan persiapan mudik secara bertahap, dan terencana.
4.
Siapkan Sepeda Motor Anda
Cara yang singkat dan pasti adalah membawa sepeda motor anda kebengkel resmi yang terpercaya, sampaikan ke mekanik bahwa motor tersebut akan dibawa oleh anda sebagai alat transportasi mudik, sebaiknya lakukan pemeriksaan dan perbaikan 1 minggu sebelum dipakai mudik, sehingga anda memiliki waktu yang cukup untuk beradaptasi kembali dengan motor anda terutama jika ada perbaikan lanjutan. Pastikan kelengkapan standar motor berfungsi dengan baik, kaca spion, sistim kelistrikan ( CDI, Head lamp, Sign lamp, horn, Fuse system ), sistim pengereman ( Kanvas rem, minyak rem, kabel rem ) , sistim penggerak ( kopling, gear, ban, rantai dll ) dan Chasis.
Cara yang singkat dan pasti adalah membawa sepeda motor anda kebengkel resmi yang terpercaya, sampaikan ke mekanik bahwa motor tersebut akan dibawa oleh anda sebagai alat transportasi mudik, sebaiknya lakukan pemeriksaan dan perbaikan 1 minggu sebelum dipakai mudik, sehingga anda memiliki waktu yang cukup untuk beradaptasi kembali dengan motor anda terutama jika ada perbaikan lanjutan. Pastikan kelengkapan standar motor berfungsi dengan baik, kaca spion, sistim kelistrikan ( CDI, Head lamp, Sign lamp, horn, Fuse system ), sistim pengereman ( Kanvas rem, minyak rem, kabel rem ) , sistim penggerak ( kopling, gear, ban, rantai dll ) dan Chasis.
Pada umumnya
sepeda motor tidak dirancang untuk
membawa banyak beban, tetapi jika kita terpaksa membawa barang untuk bepergian
jauh kita harus memperhatikan sisi keselamatan di dalam mengendarai sepeda motor, pada prinsipnya barang
yang kita bawa harus tidak mengurangi kemampuan kita didalam mengendalikan sepeda motor dan lalu lintas sekitar
dan memenuhi aturan lalu lintas yang ada, usahakan mengatur beban kearah depan sepeda motor. Tempatkan beban diatas,
didepan sumbu belakang, mengikat beban dibagian belakang sumbu sepeda motor tidak disarankan karena
akan menambah pusat gravitasi motor
yang mempengaruhi cara motor
mengerem dan berbelok. Kemudian atur penempatan beban secara merata.
Disarankan
menyimpan barang yang akan dibawa pada tempat yang khusus di design untuk
membawa barang, seperti Tail Box, side box, maupun Tank bag, jika menggunakan
dus usahakan dus tersebut terikat kuat, diatas sadel motor dan tidak mempengaruhi posisi pengendara sepeda motor.
Dalam hal
tali menali barang di motor, Tali
cenderung meregang dan simpul menjadi longgar, untuk itu gunakan tali yang baik
yang tidak terpengaruh oleh panas matahari serta memiliki daya cengkeram yang
baik seperti tali elastis atau jaring. Pada prinsipnya semua barang boleh kita
bawa asal tidak melebihi kemampuan sepeda motor dan tidak melanggar hukum,
tetapi sangat disarankan untuk tidak membawa barang barang cair dan yang mudah
terbakar.
5.
Alat Pelindung Diri ( APD ) / Safety Gear dan perlengkapan standar.
Gunakan APD yang sesuai, Safety Helmet yang layak pakai dan sudah ber SNI, sarung tangan ( setidaknya bawa 2 pasang ), jaket yang nyaman untuk menahan terpaan angin, pilihlah warna jaket yang cerah dan memantulkan cahaya sehingga mudah dilihat pada malam hari, kemudian celana panjang dari bahan jeans, Jas hujan dan sepatu yang menutupi tumit, Selanjutnya dokumen yang diperlukan, obat-obatan yang menjadi kebutuhan pribadi, suplemen, obat tetes mata, obat penghilang rasa pegal dan obat pusing kepala kemudian bawa juga tool kit standar, dan spare part standar seperti Busi, bolham lampu, kabel kopling, kabel gas, dll.
Gunakan APD yang sesuai, Safety Helmet yang layak pakai dan sudah ber SNI, sarung tangan ( setidaknya bawa 2 pasang ), jaket yang nyaman untuk menahan terpaan angin, pilihlah warna jaket yang cerah dan memantulkan cahaya sehingga mudah dilihat pada malam hari, kemudian celana panjang dari bahan jeans, Jas hujan dan sepatu yang menutupi tumit, Selanjutnya dokumen yang diperlukan, obat-obatan yang menjadi kebutuhan pribadi, suplemen, obat tetes mata, obat penghilang rasa pegal dan obat pusing kepala kemudian bawa juga tool kit standar, dan spare part standar seperti Busi, bolham lampu, kabel kopling, kabel gas, dll.
6. Berdoa
Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi, selalu ada kekuatan dari Yang Maha Kuasa untuk mengatur itu semua, berdoalah sebelum berangkat agar Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi perjalanan kita.
Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi, selalu ada kekuatan dari Yang Maha Kuasa untuk mengatur itu semua, berdoalah sebelum berangkat agar Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi perjalanan kita.
7.
Beristirahat
Jika anda merasa ngantuk dan letih jangan paksakan diri untuk terus melaju, ngantuk dan letih adalah “early warning ” dari sistim kebugaran badan kita yang meminta untuk beristirahat, tidak ada cara yang paling efektif selain beristirahat, banyak kasus kecelakaan terjadi karena pengendara sepeda motor memaksakan diri tetap melaju, diantaranya karena merasa sudah dekat dengan tujuan, atau sudah mengkonsumsi minuman yang mengandung caffeine / taurine.
Jika anda merasa ngantuk dan letih jangan paksakan diri untuk terus melaju, ngantuk dan letih adalah “early warning ” dari sistim kebugaran badan kita yang meminta untuk beristirahat, tidak ada cara yang paling efektif selain beristirahat, banyak kasus kecelakaan terjadi karena pengendara sepeda motor memaksakan diri tetap melaju, diantaranya karena merasa sudah dekat dengan tujuan, atau sudah mengkonsumsi minuman yang mengandung caffeine / taurine.
Beristirahatlah
setelah maksimum 3 jam nonstop perjalanan anda, beristirahat kurang dari 3 jam
setelah perjalanan akan lebih baik, bagaimanapun juga anda bukan seorang
pe-rally profesional, bukalah helm, kendorkan semua ikatan seperti sarung
tangan, ikat pinggang, sepatu, lakukan olah raga ringan, dan hirup udara
sebanyak-banyaknya. Lakukan juga pemeriksaan terhadap Sepeda motor anda, seperti rantai, baut-baut pada poros ban,
tekanan angin pada ban dan jumlah oli. Manfaatkanlah pos-pos mudik yang banyak
didirikan disepanjang jalur mudik,
saat beristirahat anda dapat juga berkomunikasi dengan anggota keluarga lainnya
sehingga mereka tahu kondisi dan posisi anda.
8.
Jangan Memaksakan Diri
Selama perjalanan, terapkan cara mengendarai sepeda motor sewajar mungkin yang anda bisa lakukan, jangan memaksa diluar batas kemampuan anda, memaksakan memacu sepeda motor diluar batas kemampuan bisa terjadi karena ingin cepat sampai, atau terprovokasi oleh keadaan, dan ini sangat berbahaya. Pastikan anda memiliki pandangan yang jelas dan luas saat memasuki suatu kondisi jalan jangan berspekulasi.
Selama perjalanan, terapkan cara mengendarai sepeda motor sewajar mungkin yang anda bisa lakukan, jangan memaksa diluar batas kemampuan anda, memaksakan memacu sepeda motor diluar batas kemampuan bisa terjadi karena ingin cepat sampai, atau terprovokasi oleh keadaan, dan ini sangat berbahaya. Pastikan anda memiliki pandangan yang jelas dan luas saat memasuki suatu kondisi jalan jangan berspekulasi.
9.
Atur Penumpang Anda
Jika anda membawa penumpang, beri
tahu kepada penumpang agar bisa “sejiwa” dengan anda, tidak banyak bergerak,
tidak menurunkan kaki dari foot step walaupun sepeda motor sedang berhenti sejenak di lampu merah atau ditengah
kemacetan. Posisikan penumpang anda kearah depan dari as ban belakang, artinya
penumpang harus sedekat mungkin dengan pengendara.
Tambahan:
1. Sepeda motor harus laik jalan
2. Meski siang hari, nyalakan “lampu utama dekat” (bukan lampu jauh)
3. Wajib menggunakan helm baik pengemudi maupun boncenger.
4. Melarang penggunaan kereta samping ataupun motor beroda tiga (modifikasi)
5. Membawa barang tidak melebihi lebar kemudi/stang motor
6. Hanya diperkenankan mengangkut 2 penumpang termasuk anak-anak
7. Dilarang berjalan berdampingan, tapi harus beriringan menggunakan jalur lambat atau jalur paling kiri
2. Meski siang hari, nyalakan “lampu utama dekat” (bukan lampu jauh)
3. Wajib menggunakan helm baik pengemudi maupun boncenger.
4. Melarang penggunaan kereta samping ataupun motor beroda tiga (modifikasi)
5. Membawa barang tidak melebihi lebar kemudi/stang motor
6. Hanya diperkenankan mengangkut 2 penumpang termasuk anak-anak
7. Dilarang berjalan berdampingan, tapi harus beriringan menggunakan jalur lambat atau jalur paling kiri
8. Selalu
mematuhi peraturan lalu lintas yang ada.
Demikian
Tips Aman Mudik Menggunakan sepeda motor yang kami rangkum dari berbagai
sumber. Semoga perjalanan mudik Anda selalu Aman, Nyaman dan Selamat selama
perjalanan hingga sampai ke tempat tujuan. Ingat, keselamatan adalah hal yang
utama dalam perjalanan.
Ride Safely,
Enjoy Your Ride….
Sumber :
- www.poskota.co.id
- Humas
Polda Metro Jaya
- Safety
Riding Indonesia Jawa Tengah